Sabtu, 10 April 2010

Next Trip: Karimun Jawa





Ini rencana saya pada akhir semester ini: jalan-jalan ke Kepulauan Karimun Jawa!! :)

Karimun Jawa adalah suatu kepulauan yang terletak Laut Jawa dan termasuk ke wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Lihat fotonya, pantainya cantik banget kaan? (emerald blue!). Tak hanya pantainya, Karimun Jawa juga konon memiliki panorama bawah laut dengan terumbu-terumbu karang yang sangat cantik dan relatif masih terjaga kelestariannya. Selain itu, di pulau ini juga terdapat tempat penangkaran hiu lho.. dan kita bisa berenang bersama hiu-hiu polos itu.

Ah, saya benar-benar harus menabung demi perjalanan yang ini! (walau saya mau ke sana a la backpacker sih.. namanya juga mahasiswa)

Ga sabar deh saya bermain di pantainya, snorkeling, diving, renang sama hiu, dan makan ikan bakar. Hehe. Semoga benar-benar bisa terlaksana, AMIN :D

5 komentar:

kursigoyang mengatakan...

Oke just wanna shared aja...
Karimun jawa.... :)
Berhubung tampaknya saya juga pecinta wisata alam dan kebetulan lagi dengar kata kunci Karimun Jawa maka, saya bagi dikit info tentang akomodasi dsb.
Rata2 kalau kesana bisanya orang2 berkunjung selama 3 hari dipulaunya dan saya menghabiskan waktu 5 hari
sebab di sana kapal hanya ada 2 kali 1 minggu. hari senin dari jepara-karimun jawa dan dari karimun jawa-jepara pada hari kamisnya berangkat pukul 8 tapi untuk siap2 jam 7 udah di sana.
Saya selama 5 hari itu menghabiskan biaya 750 Ribu... yang mahal adalah ongkos je jeparanya.
Guest Home cuma 50rb perkamar dan itu bisa untuk 2 orang. waktu itu saya pergi ber6 dan sewa kapal 2 hari penuh adalah 500 rb. jadi berpuas2 menuju semuat spot indah di sana.
Target Pulau
+++++++++
1.P.menjangan besar
2.P.Galeang
3.P.cemara kecil
4.P.Cendikian
5.P.tengah
6.P.kecil
7.P.Sintong
8.P.Gosong
Eh gak semua deh soalnya kemarin kita ketempatyang bagus2 nya aja... tapi memang indah... :)

Arres mengatakan...

aduuuhh makasih banyak masukannya mas/mbak :D

by the way, enakan atur perjalanan sendiri atau pake paket jalan-jalan a la backpacker ya (kemarin ada situs yg menawarkan)??

kalo atur sendiri sebenernya masih takut di sananya jadi bingung sendiri mau kemana-mananya.

kursigoyang mengatakan...

Yah kalau yang lebih enak sih memang pake paket jalan2... tapi jatuhnya mahal biasanya... (eh ini kalau di lihat dari kantong mahasiswa rata2)

Tapi kalau memang di persiapkan dari jauh hari dan di bikin jadwalnya mau ngapain dari awal untuk backpacker yaaah itu lebih nikmat.

kursigoyang mengatakan...

contohnya nih yah, saya dan temen bikin itenary yang sangat kasar
==========================
Itenary Perjalanan Karimun Jawa
=====================

Minggu, 14 Februari 2010.
13.00 – Kumpul di Meeting Point
15.00 – Registrasi Tiket Bis + ISOMA
16.00 – Bersiap – siap Naik Bis
17.00 – Naik Bis Nusantara Jurusan Jakarta Jepara

Biaya Wajib Minggu, 14 Februari 2010
Tiket Bis – Rp 115.000,-
Makan Pribadi – Optional

===================================

Senin, 15 Februari 2010 (Hari 1)
05.00 – Tiba di Jepara + ISOMA
06.00 – Sarapan (Masing – Masing)
07.00 – Mulai Mengurus Registrasi Tiket KMC Muria
08.00 – Besiap Untuk Melakukan Penyebrangan
(Waktu Tempuh Jepara / Pantai Kartini Menuju Karimun Jawa +/- 6 Jam Perjalanan)
15.00 – Tiba di Karimun Jawa, Menuju Penginapan
(Selanjutnya acara bebas).

Biaya Wajib Senin, 15 Februari 2010
Sarapan - Optional
Biaya Transportasi Becak Terminal Jepara – Pantai Kartini – Rp 10.000,- / orang
Biaya KMC Muria Ekonomi One Trip (Jepara – Karimun) – Rp 35.000,- / orang
(Jika Mau Menggunakan Kelas Eksekutif Maka Tiket Rp 65.000,- / orang)
Biaya Penginapan – Rp 60.000,- / kamar (2 orang) / malam
(Jika Ingin Mendapatkan Makan 3x / Hari Maka Dikenakan Biaya Tambahan Sebesar Rp 60.000,- / orang)

===========================================

Selasa, 16 Februari 2010 (Hari 2)
(Kali ini Tanpa Estimasi Waktu Pelaksanaan Kegiatan, Namun Akan Dijelaskan Berupa Target Kegiatan Yang Harus Dicapai).
• Menuju Penangkaran Hiu dipulau menjangan besar, renang bareng hiu dan hunting foto
• Menuju pulau Tengah (aktivitas renang, Snorkeling, Hunting Foto, keliling pulau)
• Menuju Pulau Cendikian (aktivitas renang, Snorkeling, Hunting Foto, keliling pulau)
• Menuju Pulau Kecil (Snorkeling, Foto-foto)
• Menuju Pulau Gosong (melihat sunset, foto sunset)

Rabu, 17 Februari 2010 (Hari 3)
(Kali ini Tanpa Estimasi Waktu Pelaksanaan Kegiatan, Namun Akan Dijelaskan Berupa Target Kegiatan Yang Harus Dicapai).
• Menuju pulau Galeang (Bebas aktivitas renang, Snorkeling, Hunting Foto, keliling pulau)
• Menuju Cemara kecil (Bebas aktivitas renang, Snorkeling, Hunting Foto, keliling pulau)
• Menuju Pantai Ujung Gelam (Hunting Sunset)

Biaya Wajib Untuk 2 Hari ini
Kapal Buat Keliling Rp 350.000/10 orang

===========================================

Kamis, 18 Februari 2010 (Hari 4)
PULANG !!!! Kapal Jam 07.00 !!!

Biaya Wajib Kamis, 18 Februari 2010
KMC MURIA KJ - Jepara Ekonomi - Rp 35.000,-

===========================================

Anggaran Pengeluaran :
++++++++++++++++++
Bis Nusantara 2 * 115.000 - 230.000
KM Muria 2* 35.000 - 70.000
Becak Jepara – Pelabuhan Kartini - 10.000
Penginapan 3 malam * 30.000 - 90.000
Perahu Keliling (2 hari) - 100.000
Retribusi (Tiket, dll) - 50.000
Sewa alat snorkeling (2 hari) - 40.000
Biaya tak terduga - 10.000

T O T A L = 700.000

Logistik
+++++
Kornet Kaleng (yang Gede) : 3 Kaleng
Mie Gelas / Pop Mie : Pribadi
Snack : Pribadi
Makanan Siap Saji (Sozis) : Pribadi
Pocari Sweat : Pribadi

Perlengkapan
++++++++++
- Tas (daypack/backpack dll) berisi pakaian untuk 3 hari + baju tidur
- Kacamata renang, peralatan snorkeling kalau punya
- Baju renang / celana renang,
- Sun block & obat-obatan pribadi
- Peralatan memotret (kamera, handycam, charger dll...) bila ada
- Makanan kecil, snack2
- Piring gelas sendok
- Autan atau obat nyamuk
- Senter, Jas Hujan
- Sleeping bag / selimut
- Alat pancing bila ingin memancing

Target Pulau
+++++++++
1.P.menjangan besar
2.P.Galeang
3.P.cemara kecil
4.P.Cendikian
5.P.tengah
6.P.kecil
7.P.Sintong
8.P.Gosong

Tanyakan Pada Diri Kita...KAPAN LAGI??? hehehehe
=============================

Dan ternyata sukses deh di sana....
Bahagia dan senang....
(tambahan kalau pergi jalan2 daripagi jangan lupa beli nasi dulu biasanya di warung bu ester.) ^_^

uum mengatakan...

salam kenal buat arresty. suka jalan2 juga?! seringnya solo apa rame2?!
@kursi goyang. salam kenal.
infonya membantu sekali,
tapi...
Huaaaa,,,, kok ribet ya om?!
saya juga liburan lebaran (sept-okt)ini ada rencana ke karimun jawa.


bis nusantara itu dari mana ke mana om?!