Selasa, 29 Juni 2010

Sekelumit Cerita Liburan

January, 1st 2010. Jogjakarta.

Ini terjadi ketika saya bersama ibu dan adik menunggu bapak yang sedang solat Jum'at. Pergilah kami bertiga jalan-jalan ke Keraton Jogjakarta dan sekitarnya, termasuk ke Museum Kereta yang berisikan koleksi kereta kuda milik keraton.

Di gedung tua tersebut, terdapat sebuah pintu. Di dinding dekat pintu, terpajanglah sebuah foto hitam-putih usang yang berisikan gambar prajurit-prajurit keraton zaman dulu.


Ibu saya yang pertamakali menyadari bahwa latar di foto itu adalah pintu yang sama dengan pintu di samping dinding tempat dipajangnya foto.

Dan tiba-tiba, seorang kakek yang sejak tadi duduk-duduk di dekat sana menghampiri kami bertiga. Dia memperkenalkan diri (saya lupa namanya, yang jelas ia memakai gelar keraton yang cukup panjang di depan namanya) dan menunjuk salah satu orang di foto tersebut (kalau tidak salah, orang nomor tiga dari sebelah kiri).

"Ini foto saya yang diambil tahun 1937. Waktu itu umur saya 30 tahun. Bulan April nanti umur saya 103 tahun"

Wah wah, benar-benar kebetulan yang sangat unik yaa :)



(foto saya dengan sang kakek prajurit keraton berusia 103 tahun)

Senin, 28 Juni 2010

Tour de Museum

Tersebutlah dua orang gadis sebaya. Yang satu berusia 21 tahun, berwajah eksotis, dan pecinta warna abu-abu. Sementara yang satu lagi adalah seorang gadis berwajah cute asal Wonosobo, berusia 19 tahun, dan pecinta warna pink. Dua orang teman sepermainan ini seharusnya mengerjakan sebuah tugas berat. Sebuah tugas yang merupakan puncak dari pendidikan mereka selama tiga tahun di perguruan bernama 工商管理学院.

Mereka harus pergi mengumpulkan data di sebuah perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Apa daya, dalam mengumpulkan data-data penting ini, banyak rintangan yang membentang.

Begitulah, setelah menemui kebuntuan, kedua gadis malang tersebut lalu pergi mencari ketenangan. Pergilah mereka ke sebuah bangunan tua yang didirikan pada tahun 1928. Nama gedung itu adalah Museum Geologi.



(tampak Museum ini ramai oleh bocah-bocah yang sedang berkarya wisata)

Jadi, apa aja sih yang ada di Museum Geologi Bandung?

(T-Rex and 19-year-old Princess of Wonosobo)

(Fosil binatang purba)

(Fosil makhluk laut)

(Fosil manusia purba)

(Batuan mineral)

(Museum Geologi awalnya bernama Geologisch Laboratorium)

Banyak ilmu pengetahuan yang bisa kita ambil dari wisata museum ini. Dari penjelasan tentang makhluk-makhluk purbakala, peta persebaran gunung api, daerah rawan gempa dan longsor, tayangan simulasi perubahan bentuk Indonesia sejak 50 juta tahun yang lalu hingga sekarang, bahan tambang dan mineral yang ada di Indonesia (sayang, saya tidak menemukan batu ruby dan emerald), proses pengeboran minyak, dan lain-lain yang menyangkut soal geologi. Saya dan Kiki (Sang Putri Wonosobo) rasanya seperti nostalgia kembali ke zaman study tour sekolah dulu (padahal sekarang udah mau lulus kuliah, AMIN).

Di sini saya juga baru tahu, ada pahlawan Indonesia yang bernama Arie Frederik Lasut yang berjasa dalam mempertahankan kemerdekaan serta menyelamatkan dokumen-dokumen geologi dan pertambangan Indonesia. Ada juga penghargaan untuk seorang Belanda bernama Reinder Fennema yang telah membuat peta geologis Jawa-Sumatra.

Benda-benda di museum ini tertata dengan rapih dan tempatnya juga bersih. Museum Geologi juga dilengkapi dengan sebuah auditorium yang memutar film bertema Geologi (menarik lho filmnya; tentang masa lalu bumi). Tapi, kayaknya akan lebih menarik lagi sih kalo museumnya dibuat lebih atraktif seperti di film Night at The Museum :)

Overall, pergi ke museum itu seru dan menyenangkan! :D

FYI:
Museum Geologi ini buka setiap hari kecuali Jumat dan hari libur nasional. Masuknya juga gratis tis tis. Kalau mau naik angkot, bisa naik yang jurusan Caheum-Ledeng (biasanya sih saya naik dari gerbang belakang ITB).

*Kalau sempat, mampir juga ke Taman Lansia yang terletak persis di depan Museum Geologi*



It's such a relieve!

Minggu, 27 Juni 2010

The Best Animation Movies Ever!

Sebenernya, saya bukan pecinta film animasi. Tapi, sisi bagus dari film animasi (karena rata-rata ditujukan untuk anak-anak), adalah film jenis ini selalu mengandung pesan moral yang disampaikan dengan lugas dan menarik. Kadang penyampaiannya terlalu mudah dan biasa, makanya jatuhnya tidak terlalu berkesan untuk saya.

Dan inilah film animasi yang benar-benar tak terlupakan untuk saya:

Lion King 1 1/2 menceritakan kisah Simba dkk melalui sudut pandang Timon dan Pumba. Unik dan lucunya keterlaluan!


Up adalah film animasi pertama yang bikin saya nangis berkali-kali selama di bioskop. Sangat menyentuh perasaan dan lucu sekaligus. Ide ceritanya juga original dengan plot yang tidak biasa. Belum lagi kualitas gambarnya juga sangat bagus. Ceritanya benar-benar unforgettable.



Saya lupa apakah saya pernah nonton Toy Story 1 dan 2, tapi Toy Story 3 ini benar-benar sangat bagus menurut saya. Lucu (dengan efek dramatisasi yang sangat tepat), ada kisah persahabatan yang mengharukan, memberikan pesan moral yang baik untuk anak-anak (dan semua orang), ditutup dengan ending yang bermakna.


Untuk film animasi, Disney/Pixar memang patut diberikan empat jempol!! Kualitas gambar terjamin, komposisi humor dan sisi moral juga tetap terjaga.

Sementara untuk kualitas gambar dan pewarnaan, saya juga menyukai kedua film animasi di bawah ini:


The Nightmare Before Christmas


Corpse Bride

Kedua film tersebut disutradarai/diproduseri oleh Tim Burton, salah satu sutradara/produser favorit saya. Style-nya memang selalu seperti itu: gelap, unik, dan cantik sekaligus. Hehe.

**Tidak sabar menanti film animasi Disney/Pixar berikutnya**

Sabtu, 26 Juni 2010

Temukan Perbedaannya!!






(Foto Tingkat Satu)



(Foto Tingkat Tiga)

HAHA

Maap sekarang sok imut :p

Video

Well, sebenernya saya males banget ngomongin tentang video porno Ariel-Luna Maya-Cut Tari yang sangat kesohor itu. Tapi, rasanya bete juga tiap ngeliat update tweets dari detik.com atau metronews tentang skandal itu (yang bahkan sampe masuk ke acara gosip internasional E! News). Dibahas melulu, bosen ah dengernya.

Yang mau saya bahas di sini adalah tentang masyarakat. Ada suatu tweets tentang ketiga selebritis tersebut, kurang lebih seperti ini : "Tanpa hukuman resmi pun, mereka bertiga sudah terhukum dalam masyarakat". Pandangan masyarakat terhadap mereka tentu tidak sama lagi seperti sebelum video tersebar.

Tapi.. bagaimana dengan masyarakat sendiri? Bukankan mereka memang menyukai skandal semacam ini? Bagaimana dengan mereka yang mengunduh dan menonton videonya? Apakah bisa dibenarkan? Dan bukankah membicarakan orang lain, apalagi tentang aib mereka, sebenarnya adalah sesuatu yang tidak dibolehkan dalam agama (Islam khususnya).

Ah benar, masyarakat kita ini mungkin tipe masyarakat penyuka gosip, penyuka skandal. Berita seperti ini di-blow up habis-abisan (dan ditanggapi habis-abisan juga), sementara mungkin ada berita lain yang lebih krusial untuk dibicarakan. Dan sedihnya, semakin berita ini digaungkan, makin banyak yang penasaran dengan videonya. Yang penasaran bisa saja anak kecil atau mereka yang belum bisa membenarkan mana yang salah dan mana yang benar.

Well, saya ga munafik. Saya juga sempat aware dengan berita ini. Tapi ya itu, lama-lama bosen juga. Apalagi saya cukup kasihan sama para selebritis itu. Kalau itu benar mereka, kejadian ini pasti akan selalu jadi catatan buruk selama mereka masih hidup. Seperti DNA yang melekat pada diri mereka. Belum lagi tanggungjawab mereka sama Tuhan.

Oh iya, salah satu sisi positifnya mungkin adalah bahwa masyarakat Indonesia masih menganggap kasus video ini sebagai hal negatif. Berarti kita masih bisa membedakan mana yang benar dan mana yang ngga benar kan? Tapi tetep aja, udah cukuplah berita ini diomongin terus-terusan -_-

Setelah kasus ini agak mereda, semoga ga dibikin versi sinetronnya. AMIN! :)

~hanya seseorang yang berusaha menyampaikan opini sepihak~

Kamis, 24 Juni 2010

Stop Motion

videoTebal

Stop motion (also known as stop action or frame-by-frame) is an animation technique to make a physically manipulated object appear to move on its own. The object is moved in small increments between individually photographed frames, creating the illusion of movement when the series of frames is played as a continuous sequence (wikipedia)

Singkatnya, stop motion ini adalah semacam teknik animasi di mana gambar-gambar disatukan sehingga seolah-olah gambar tersebut bergerak.

Saya juga baru dikasih tau tentang istilah ini oleh Gracia dan tadi pagi dia menunjukan pada saya sebuah video musik yang dibuat dengan teknik stop motion. Judulnya Her Morning Elegance, dinyanyikan seorang penyanyi asal Israel bernama Oren Lavie.

Dan kesan saya langsung: WOW, KEREN PARAAAHH!!!

Setelah saya googling, ternyata video ini dibuat dari 2096 lembar foto dan memiliki popularitas yang sangat tinggi di youtube.com (dilihat lebih dari dua belas juta viewer).

Check the video!

Rabu, 23 Juni 2010

Crying in the Rain

Crying in the Rain by A-ha

I'll never let you see
The way my broken heart
is hurting me
I've got my pride and
I know how to hide
All my sorrow and pain
I'll do my crying in the rain

If I wait for stormy skies
You won't know the rain
from the tears in my eyes
You'll never know that
I still love you
So though the heartaches remain
I'll do my crying in the rain

Raindrops falling from heaven
Could never take away my misery
But since we're not together
I pray for stormy weather
To hide these tears I hope
you'll never see

Someday when my crying's done
I'm gonna wear a smile and
walk in the sun
I may be a fool
But till then, darling
you'll never see me complain
I'll do my crying in the rain

Since we're not together
I pray for stormy weather
To hide these tears I hope
you'll never see

Someday when my crying's done
I'm gonna wear a smile and
walk in the sun
I may be a fool
But till then, darling
you'll never see me complain
I'll do my crying in the rain

I'll do my crying in the rain
I'll do my crying in the rain

Minggu, 13 Juni 2010

What I'm Doing Right Now

Well, instead of working on my final project, I prefer to create something for my room.
Actually, I make this after visiting my friends' room. They make their room feels cozy and very personal. So, here I am.. cutting, gluing, arranging, and writing stuffs that reflect myself. I'm gonna make my room becomes more "me" (don't worry, my room is CLEAN and TIDY now :p).

An I hope I could be more positive in doing my projects. Yey :D



look, there are pictures of places in the world, movies I've watched, camera, amusement park ticket, opera ganesha ID card, heart shape, food, shoes, etc. it is not finished yet, i need more pictures!


I also stick posters on my wall:



those are the posters of Tanggap Warsa PSTK-ITB from 2008-2010. i steal the poster every year :p

Cerita Horror

Oke, kejadian ini berlangsung dua hari yang lalu. Setelah saya dan teman-teman saya (Kiki, Dhea, Redo, Bimbi, Astrid, dan Sidiq) usai menonton pembukaan piala dunia plus pertandingan pertama di kosan Redo. Sekitar jam dua belas malam, saya-kiki-dhea-astrid pulang nebeng pangeran Tuban yang menjemput putri Wonosobo-nya.

Setelah Kiki dan Astrid dipulangkan dengan selamat, kami segera menuju kosan Dhea di Kanayakan, yang merupakan TKP dari kisah ini.

Berhubung aselinya kosan dhea sebenernya dikunci jam 9 malem dan suasana kosan udah gelap gulita (ga ada yang nonton bola apa ya?), kita nungguin si dhea menghubungi bapak kosannya via telpon supaya si bapak keluar dan ngebukain pintu gerbang. Saya nunggu di dalam mobil, sementara Iki ikut keluar dan nunggu di depan gerbang bersama Dhea.

Eh tiba-tiba, saya ngedenger suara serak (seperti berdeham) agak keras yang saya kira berasal dari dalam kosan Dhea. Saya kira itu bapak kosan dhea yang lagi mau ngebuka pintu. Tapi ngelihat si Iki Sulaiman sampai terloncat dan ekspresi mukanya tiba-tiba horor gitu... saya langsung *deg*.

Bertanyalah saya pada dhea, "Dhe, itu bapak kosan lo bukan?"
Dan dhea pun menjawab, "Hah? Bapak kosan gw belom keluar Res. Emang ada apa?" waktu itu ternyata memang si bapak kosan belom turun ngebukain. Masih sepuluh menit kemudian sampai si bapak bener-bener keluar dari kosan. Dan dhea ga ngedenger apa-apa (padahal suaranya kenceng).

*SHOCK*

*SHOCK*

Sampai di mobil, si Iki langsung nanya "lo ngedenger juga ya res? tadi itu bener-bener suaranya kayak di deket telinga gw. sial, ternyata tadi ada bau2 busuk ternyata bukan bau busuk biasa".

*SHOCK*

*SHOCK*


Ah, mungkin emang suara si bapak kosan! :D *excuse*

Sabtu, 12 Juni 2010

World Cup 2010

Oke, sejujurnya saya bukan penggemar bola banget. Tapi saya tipe yang bisa menikmati pertandingan bola saat menontonnya (terutama kalau tim favorit saya yang main). Dan saya selalu merasa terharu saat pertandingan 4 tahunan seperti Piala Dunia atau Piala Eropa diselenggarakan. Kalo kata Dhea sih, melihat pembukaan piala dunia esensinya seperti menyambut datangnya bulan puasa.

Well, sekarang 2010. Piala Dunia Afrika Selatan.

Siapa tim yang saya dukung?

Selalu, saya mendukung PRANCIS.

Sampai sekarang saya masih se-sedih dan semarah itu mengingat pertandingan final Prancis-Italia tahun 2006. Saya ingat tanggalnya: 9 Juli 2006. Saat pertandingan final ditayangkan, saya sedang berada di pesawat menuju tanah suci. Dan sesampainya di Jeddah, saya langsung disambut tayangan TV berbahasa Arab yang jelas-jelas menginformasikan bahwa Prancis kalah. Dan Zidane-pemain-bola-favorit-gw-sepanjang-masa dikasih kartu merah. Di FINAL piala dunia. Di pertandingan terakhirnya di ajang profesional. HIKS.

Sejak saat itu, saya benci tim Italia (emang dari awal mainnya kasar dan diving mulu sih!). Saya benci Materazz* (menyebut nama lengkapnya pun tak sudi). Bahkan saya sampai ga suka banget sama Inter Milan (karena Mat*razzi main di sana). Pokoknya tiap tim Italia main, saya selalu berharap mereka kalah. Hahaha.

Semoga di piala dunia kali ini, takdir mempertemukan kembali Prancis dengan Italia. Dan Prancis membabat habis Italia (membayangkan ini rasaya saya ingin ketawa guling-guling). Semoga saja Domenech punya strategi yang lebih oke (btw semalam Prancis-Uruguay skor-nya sama 0-0 huhu).

Apapun, siapapun... asalkan Italia kalah!! Siapapun juaranya, asal bukan Italia!!

Waka waka eh eh... It's time to Africa :)

(oh iya, selain Prancis, saya juga mendukung tim Brazil, Belanda, dan Spanyol :D)

Senin, 07 Juni 2010

Get to know yourself better

This is the result of personality test here. Well, I admit that 95% of the result truly reflects myself. I mark some points with italics and red color.

Your view on yourself:

You are intelligent, honest and sweet. You are friendly to everybody and don't like conflict. Because you're so cheerful and fun people are naturally attracted to you and like to talk to you.

The type of girlfriend/boyfriend you are looking for:

You are a true romantic. When you are in love, you will do anything and everything to keep your love true.

Your readiness to commit to a relationship:

You are ready to commit as soon as you meet the right person. And you believe you will pretty much know as soon as you might that person.

The seriousness of your love:

You like to flirt and behave seductively. The opposite sex finds this very attractive, and that's why you'll always have admirers hanging off your arms. But how serious are you about choosing someone to be in a relationship with?

Your views on education

Education is very important in life. You want to study hard and learn as much as you can.

The right job for you:

You're a practical person and will choose a secure job with a steady income. Knowing what you like to do is important. Find a regular job doing just that and you'll be set for life.

How do you view success:

You are confident that you will be successful in your chosen career and nothing will stop you from trying.

What are you most afraid of:

You are afraid of things that you cannot control. Sometimes you show your anger to cover up how you feel.

Who is your true self:

You are full of energy and confidence. You are unpredictable, with moods changing as quickly as an ocean. You might occasionally be calm and still, but never for long.

Sabtu, 05 Juni 2010

Fix You

Two days ago, I heard this song in the middle of the night. Somehow, the lyric simply defines what I (sometimes) feel inside.

"Fix You"


Coldplay

When you try your best, but you don't succeed
When you get what you want, but not what you need
When you feel so tired, but you can't sleep
Stuck in reverse

And the tears come streaming down your face
When you lose something you can't replace
When you love someone, but it goes to waste
Could it be worse?

Lights will guide you home
And ignite your bones
And I will try to fix you

And high up above or down below
When you're too in love to let it go
But if you never try you'll never know
Just what you're worth

Lights will guide you home
And ignite your bones
And I will try to fix you

Tears stream down on your face
When you lose something you cannot replace
Tears stream down on your face
And on your face I...

Tears stream down on your face
I promise you I will learn from my mistakes
Tears stream down on your face
And on your face I...

Lights will guide you home
And ignite your bones
And I will try to fix you


Birthday Blast!

Tanggal 3 Juni kemarin, akhirnya saya menginjak usia keramat 21 tahun. Selalu dan selalu, rasanya waktu berlalu dengan sangat cepat. I was a little girl with red hood and now I am twenty something. Yah, tapi sejujurnya, saya merasa biasa-biasa saja sih dengan bertambahnya usia. Saya lebih mikirin gimana ngebut tugas akhir yang sudah harus dikumpulin bulan depan -_-

Eh, tapi saya harus mengucapkan terimakasih untuk temen-temen saya yang udah bersusah payah ngasih surprise ke saya. Dua tahun berturut-turut dikasih surprise bener-bener bikin saya terharu lho. Hiks, sayang deh sama kalian semua :* Makasih juga untuk semua temen saya yang udah ngucapin selamat dan ngedoain saya :D

And by the way, I do really love the present! Ternyata pada merhatiin aja ya saya ga punya tas kuliah yang layak (beberapa bulan ini saya selalu pake goodie bag PGN kemana-mana sampe kucel gitu). Hehe, makasih banyak lho temen-temen, saya akan menjaga tas-nya baik-baik. Insya Allah, ga akan saya bikin jebol deh kayak tas-tas saya sebelumnya :p

Plus keesokan harinya, tanggal 4 Juni, nilai-nilai semester delapan keluar di internet. Kali ini, Allah yang ngasih kado buat saya. Alhamdulillah, ga nyangka nilai saya cukup memuaskan! Padahal setahun belakangan ini saya lagi ga bener-bener fokus ke akademik lho. Saya lagi asik-asiknya ikut kegiatan di unit dan himpunan, lagi seneng-senengnya main sama temen-temen :p

Alhamdulillah bangeeettttt!

Dan ini harapan saya untuk diri saya sendiri:

semoga Tugas Akhir lancar!! semoga saya bisa bersikap lebih dewasa :D

Kamis, 03 Juni 2010

Kisah Tentang Pewangi Kamar Mandi

Di negeri antah berantah, hiduplah seorang gadis lucu cute yang agak kurang peka dengan masalah pengurusan rumah tangga. Suatu hari, gadis itu membeli pewangi kamar mandi anti-ngengat (itu lho, tipe warna-warni yang bisa digantung) di sebuah pusat perbelanjaan ternama di Indonesia (fakta yang tidak penting). Selain pewangi kamar mandi, gadis itu juga membeli anti jamur dan bakteri lho..

Sesampainya di kosan, gadis yang semula hendak langsung membersihkan kamarnya itu tiba-tiba digoda oleh setan bernama internet. Jadilah gadis itu twitteran dulu, facebookan dulu, syalalala. Eh tau-tau udah jam 11an aja dan gadis itu baru teringat untuk mengganti pewangi kamar mandi yang lama dengan yang baru.

Setelah gadis loecoe itu membuka plastik pembungkus si anti-ngengat (baru tau istilah kerennya cellophane), si gadis langsung menuju kamar mandi untuk mandi. Eh salah, untuk menukar si pewangi yang lama.

Dan terkejutlah gadis lhoechoe itu! Ternyata pewangi kamar mandi lama yang sudah berbulan-bulan tergantung di kamar mandi plastik itu pembungkusnya belum terbuka!! Masih utuh seperti di toko.

~Tamat~

Rabu, 02 Juni 2010

Mon Lumiere

Perkenalkan, anggota baru dalam kehidupan saya:



Ya, akhirnya saya mewujudkan salah satu keinginan saya untuk memiliki compact digital camera. Dan karena saya hobi memberi nama gadget-gadget saya biar terkesan lucu dan imut (seperti yang punya), maka kali ini pun saya memutuskan untuk memberi nama: Lumiere. Panggilannya Lumi-chan (cute abis).

Lumiere sendiri artinya cahaya dalam bahasa Prancis. Eh tapi sebenarnya karena kamera Panasonic tipe FS42 ini makenya lensa Lumix sih, jadi saya sambung-sambungin aja jadi Lumiere. Spek-nya udah lumayan mangstab. 10 megapixel, 4x optical zoom, scene options, face detection, dan yang paling penting sih fitur stabilizer. Maklum, sering tremor kalo megang kamera. Dan karakter warna yang dihasilkan juga terang dan tajam. Sebagai kamera entry-level, Insya Allah cukup memuaskan (belom diutak-atik lagi sih).

Makasih bapak dan ibuku sayang (hehe.. iya, kamera ini hadiah dari orangtua saya)

Tunggu jepretan-jepretan eksotis saya di post-post berikutnya!