Minggu, 27 April 2014

Sedikit Politik

Berhubung lagi musim pemilu, jadi pengen "curhat" dikit soal perpolitikan, dari sudut pandang seorang awam tentunya.
FYI, gw golput karena KTP gw masih KTP Cilegon... Yaaa, kalo pun gw milih kayaknya ga ada pilihan yang cukup baik juga sih *pesimisdotcom*

Gw tuh paling heran kenapa di Indonesia ini siapapun bisa nyaleg. Siapapun means really siapapun.. Ga peduli bekgron lo kayak gimana. Yg penting punya duit dan didukung partai. Coba bayangin, buat diterima kerja aja jaman sekarang udah susah. Persyaratannya dari IPK, bahasa inggris, psikotest sampe personalities. Itu cuma untuk kerja di perusahaan lho. Logikanya mah jadi "pegawai" negara semestinya persyaratannya lebih ketat lagi. Wong ngurusin hajat hidup (dan duit) satu negara besar. Ga perlu sejenius ilmuwan-lah, at least harus punya pembuktian kalo dia adalah orang yang truly capable dan beritikad baik.

Makanya gw juga bingung dengan banyaknya artis yang bisa nyaleg (dan lolos pula jadi anggota dewan). Sorry to say, sekilas aja udah keliatan kok ga berbobotnya beberapa dari artis tersebut. Ada yang ngomong aja berbelit-belit ga intelek, ada juga yang bisa ngomong panjang lebar tapi sebenernya isinya kosong. Uh kesel banget kalo mikirin nasib negara ini berada di tangan orang yang begono. Lebih males lagi kalo ternyata udah otak ga ada, terus ikutan korupsi pula. What a shame.

Yang gw heran, screening caleg itu kan dilakukan oleh parpol ya. In other words, parpol itu semacam perusahaan yang memproduksi "caleg" kan. Well, kalo ada parpol yang ngajuin caleg ga mutu, secara ga langsung, parpol itu harusnya classified sebagai "perusahaan" yang ga bonafid dong. Kalo perusahaan yang maju, pasti mereka punya quality control yang bagus.

Yah, itu logikanya sih. Masalahnya politik kan emang kagak pake logika. Yang penting menggalang massa sebanyak-banyaknya supaya punya suara dominan di suatu pemerintahan. Supaya punya hak kontribusi lebih besar dalam menentukan arah suatu negara. Yah tapi caranya aja kayak gitu. Rasanya sanksi banget kalo ada suatu parpol yang orientasinya bener2 untuk memajukan negara. Biasanya, orang2 politik ini suka ga tau malu.. Udah tau kinerjanya ga bagus, tetep aja keukeuh mempertahankan jabatan. Mereka cuma mau power yang ujung2nya dipakai kepentingan sebagian golongan saja.

Coba orang Indonesia punya rasa malu kayak orang2 pemerintah Korea ato Jepang. Kalo merasa gagal, mereka ga ragu untuk mundur, ato kalo perlu, bunuh diri segala sebagai bentuk tanggungjawab. Bagian bunuh dirinya agak lebay sih memang. Tapi coba orang2 dalam pemerintahan Indonesia kayak gitu, mungkin dalam setahun kita udah rekor ratusan kali ganti pemimpin saking banyaknya masalah yang selalu merugikan rakyat. Kita doyannya melihara masalah sih.

In summary, gw ngerasa rakyat Indonesia ini belom siap dengan sistem Pemilu kayak gini, yang rasanya masih lebih banyak mudharatnya ketimbang manfaatnya. Tapi gw juga ga tau Indonesia cocoknya pake sistem kayak gimana. Mau pake cara orde lama, orde baru, orde reformasi kayaknya ga pernah bener2 beres masalah negara ini. Sekarang gw paling cuma bisa misuh-misuh aja ngeliat slip gaji gw tiap bulan kena pajak yang selalu punya kemungkinan jatuhi ke tangan orang yang ga berhak. Bikin sakit hati kan kalo mikir tiap bulan kita sedekah sama penjahat

0 komentar: