Senin, 10 Juni 2013

Interior Designing : Balikpapan

Katanya menikah itu seperti main rumah-rumahan. Cuma semuanya real, bukan sekedar bermain dengan cincin kawin yang dibeli di tukang mainan belakang sekolah atau masak-masakan pake alat masak plastik. 

Berhubung insya Allah bulan depan gw dan si abang bakal pindah rumah, sekarang kita lagi sibuk mikir dekorasi yang cocok dan nyari segala perabotan yang dibutuhkan. Maklum, di rumah kontrakan yang sekarang, kita baru nyicil kasur, sofa dan meja makan. Baju-baju aja masih setia numpuk di koper XD. 

Ga kayak di tanah Jawa sana yang relatif mudah menemukan segala kebutuhan rumah yang oke punya dengan berbagai range harga, di Balikpapan ini kita agak kesulitan. Di sini ada sih Informa, Ace Hardware,  dan Electronic Solution dengan koleksi perabotan macam sofa, lemari atau rak yang mayan unyu-unyu. Tapi, kita agak ilfil karena kebanyakan produk lemari/rak-nya dibuatnya dari material partikel board yang kurang kuat. 

Tapi Alhamdulillah, berkat referensi temen kerja, kita menemukan Toko Jati Pamenang di daerah Dome sana. Gw pribadi sih sebenernya ga terlalu doyan jati karena finishing-nya ga variatif. Kalo pake partikel board atau MDF/multiplek kan bisa pake finishing decosheet/HPL yang lucu-lucu itu. Cuma karena harganya ga beda jauh antara perabot jati ini versus partikel board Informa, kita akhirnya mutusin milih beli perabot jati. Kualitasnya juga kita lihat cukup bagus dan halus, ngga kaya perabot jati abal-abal di beberapa toko mebel yang finishingnya kasar. Plus-nya lagi, kita bisa desain perabotnya sesuka kita. Nanti si owner-nya  tinggal kirim gambar ke Jepara untuk dikerjakan perajin di sana (gini-gini nih yang bikin mahal, semuanya made in Jawa).  Untuk sementara kita udah pesen dua lemari pakaian dan satu rak buku gaya minimalis ke dia. Semoga hasilnya bagus ya *ga sabar*

Satu lagi yang gw masih pusing adalah urusan kitchen set dan rak TV. Tentu saja hubungannya sama budget, fyyuuhh. Jadi untuk kitchen set dan rak TV beserta coffee table-nya (biar matching), kita pakai jasa interior designer (lagi-lagi) rekomendasi dari temen. Katanya di mbak yang satu ini, tarifnya terjangkau dan hasilnya juga OK. Udah beberapa kali kontak-kontakan sih, tapi masih belum final deal juga. 

Untuk desain kitchen gw mutusin untuk make warna dinding ijo (belom tentu ijo-nya kayak yg di gambar, masih galau!) dan cabinet warna kayu. Eco-kitchen gitu lho ceritanya *ngasal*. Dapurnya sih sebenernya kecil aja.. 4x2.5 m. Satu meter di sisi panjang udah jatah kulkas ama dispenser. Sementara yang sisi lebar 2.5 juga kepotong pintu samping. Sisanya tinggal sepetak aja. Tapi biar si nyonya rumahnya betah masak, kita tetep bertekad untuk bikin kitchen set mungil yang cantik. Hehe.

Dan voila, berikut hasil utak-atik desain dapur pake aplikasi ikea kitchen planner (easy to use and free anyway!) :


Sebenernya di dinding antara base dan wall cabinet itu, kita mau pasang mosaic tiles. Cuma sayangnya, ngga ada fitur backsplash (material yang dipasang untuk melindungi dinding dari percikan yang dapat mengotori; terbuat dari material yang mudah dibersihkan) di aplikasi ini.. Rencananya sih mosaic-nya bakal pake warna gradasi ijo juga. Kita udah keliling toko bangunan dan so far ada beberapa pilihan gradasi ijo, tapi kita belum mutusin (and guess what, di toko bangunan biasa, tile 30x30 cm harganya  Rp 25-40rb, sementara di Ace harganya bisa nyelonong ke Rp 150rb untuk ukuran yang sama). Terus andai ngga mentok budget, sebenernya pengeennnn banget pake wood flooring a.k.a lantai parket. Cuma mahal bok, 1.5 meter persegi aja di Ace udah 200 ribuan (member price).. Kalo 12 meter persegi, berarti udah hampir 2 juta aja, belom termasuk ongkos tukangnya. Lagian dari developer-nya udah dipasangin lantai putih standar juga, makin mahal-lah kalo pake ongkos bongkarnya. Belom lagi kita harus beli kompor tanem dan exhaust-nya. NYERAH deh gw.. 

Untuk ruang TV, gw belom bikin layout 3D-nya. Tapi intinya sih kita pengen ruang TV/ruang keluarga yang standar ajah. Ada TV-nya (tentulaah), rak TV (ini desain sendiri hihi), backdrop buat nutupin kabel-kabel, plus coffee table. Pengennya di ruang keluarga ini nuansanya mulai greyish atau brownish (sofa-nya sih warna ijo). Kalo ruang tamu (yang belum terdefinisikan karena nunggu available budget), gw pengennya nuansa item putih. Kalo bisa perabotnya dari logam-logam item gitu tapi ga tau nyarinya di mana~~  Kayaknya sih perabot logam gini lebih abstrak nyarinya dibanding perabot kayu. 

OKE, semoga minggu ini semua urusan dengan interior designer bisa kelar larrr supaya awal puasa gw dan abang bisa tinggal dengan layak di sarang cinta kita. Mwahahaha. 

2 komentar:

eminterior.com mengatakan...

knapa gak coba pake aplikasi google skechup mbabro.. khan lebih lngkap utk spek materialnya.. mudah dan juga praktis.. (mskipun gk free sie, tp khn bsa d pake selagi msh ad masa trialnya 30 hr hehehe..) cma referensi aj sie,, anyway nice article..

may mengatakan...

boleh tau dimana pesen kitchen set nya?