Minggu, 01 April 2012

Review: The Raid

Normally, gw bukanlah pecinta film action yang benar-benar menjadikan action sebagai main genre-nya. Gw cenderung menyukai film dengan unsur drama yang kuat karena menurut gw, film drama yang bagus selalu bisa menyisakan ruang untuk merenung bahkan setelah penonton keluar dari teater. Dan biasanya, gw tidak mendapatkan kepuasan secara batiniah dari film-film yang terlalu full-action. Contohnya Transformer 3 dan The Expendables. Kedua film itu memang full action, tapi bagi gw sangat sangat membosankan. Nonton Transformer bikin gw kesel, dan nonton The Expendables bikin gw ketiduran di bioskop. Film sampah.

Lalu dengan ekspektasi rendah, gw menonton The Raid. Selain karena basically gw ga suka nonton action, gw juga meragukan apakah Indonesia (ok, sutradaranya bukan orang Indonesia sih) bisa membuat film action yang bagus (secara action itu kan biasanya perlu efek canggih). Dan voila! Dari pertama aja udah disuguhkan adegan berdarah-darah yang langsung memompa adrenalin. Rasanya kayak nonton film horror karena dikit-dikit gw harus memalingkan muka dari adegan-adegan brutal di film ini. Oh iya, efek sound nafas tersengal-sengal itu menurut gw "kena" banget, jadi menambah ketegangan penonton! Dan meski awalnya eneg liat darah tertumpah di mana-mana, tapi lama-lama biasa juga kok.

Film ini terasa lebih keren lagi saat karakter-karakternya telah kehabisan peluru dan mulai menggunakan tangan kosong untuk bertarung. Parah sih keren banget adegan-adegan berkelahinya! Seperti melihat tarian yang sangat dinamis, artistik sekali! Tepuk tangan dan dua jempol untuk penataan adegan bertarung The Raid. Menurut gw, ini bahkan lebih keren dari film-film action Hollywood yang menitikberatkan pada persenjataan! Pengaturan sound effect-nya juga bagus menurut gw, pas... bikin tegang terus sepanjang film.

Untuk cerita, oke, di sini unsur drama itu cuma mengambil porsi 5-10% dari film. Minimalis namun cukup karena drama memang bukanlah daya tarik utama film ini. Sejujurnya, gw malah merasakan kesan seperti melihat Resident Evil, di mana sekumpulan polisi ini masuk ke dalam kediaman yang ditempati para zombie untuk menyelesaikan misi lalu berusaha keluar dengan selamat dari sana. Hehe.

Pokoknya film The Raid ini sangat recommended deh! Gw bisa sangat menikmati film ini tanpa terlalu memperhatikan dramanya. Salah satu legenda perfilman Indonesia! Congratulation buat para movie-maker beserta seluruh stakeholdernya XD


5 komentar:

T. mengatakan...

udah nungggu film ini dari Agustus taun kemaren, tapi belum sempet nonton juga sampe hari ini..
hiks..

T. mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Arres mengatakan...

Lo harus nonton banget, parah!

T. mengatakan...

besok deh..demi tiket lebih murah.. :p

obat penyakit hepatitis b alami mengatakan...

huahaha(nangis)...gq blum nonton ini film...secara duit udah nipis...