Selasa, 21 Februari 2012

Fly with Valuair

Okay, ini sekilas review mengenai penerbangan Jakarta-Singapore-Jakarta dengan Valuair, salah satu budget airlines di bawah Jetstar Airways yang merupakan anak perusahaan Qantas Australia. Pesawat yang digunakan adalah tipe Airbus A320, tipe pesawat penumpang yang pertamakali menggunakan sistem fly-by-wire elektronik dalam sistem kendalinya.

Berikut keuntungan menggunakan Valuair :
- Harga relatif terjangkau
- Tiket pesawat dapat dibeli secara online dengan menggunakan kartu kredit orang lain (keuntungan buat mereka yang tidak memiliki cc sendiri)
- Proses check-in cepat dan mudah, penerbangan tepat waktu.
- Free snack and mineral water
- Meski merupakan budget airlines, pesawat Valuair ini mendarat di Terminal 1 Changi Airport yang lebih nyaman dibandingkan budget terminal
- Berdasarkan pencarian singkat di google, airlines ini tidak memiliki history kecelakaan fatal

Sekilas kesan negatif :
- Interiornya sudah kusam dan bulukan, bahkan waktu pulang ke Jakarta, tray untuk makanan di kursi saya rusak.
- Entah mungkin karena masalah cuaca, hampir sepanjang perjalanan saya merasa bagaikan sedang berada di dalam kereta. Turbulence-nya terasa sekali. Apalagi waktu landing di Jakarta, rasanya seperti naik jet coaster yang sedang meluncur ke bawah.

Secara umum, saya sejujurnya merasa agak ngeri dengan pengalaman take-off dan landing kemarin. Masalahnya, tahun lalu saya naik Garuda Indonesia ke Singapore dan rasanya muluusss sekali saat take-off maupun landing. Makanya saya agak kaget dengan pengalaman baru ini. Tapi secara keseluruhan sih, saya tidak keberatan menggunakan maskapai ini lagi lain kali nanti. Selain tarifnya terjangkau, yang penting saya masih selamat sampai di tujuan kan :D

0 komentar: