Selasa, 01 Maret 2011

Traveling on TV

Kadang-kadang, saya suka kesel sendiri deh kalo ngeliat program jalan-jalan di TV nasional. Misalnya tadi saya nonton acara semacam itu di sebuah stasiun televisi swasta yang dipandu seorang bule. Oke, sefasih-fasihnya bule ngomong bahasa Indonesia ya tetep gimana sih jatuhnya? Aksen dan tone-nya ngga pas. Awkward. Oke, mungkin maksudnya pake host bule biar keliatan "nih, bule aja bisa meng-apresiasi objek-objek wisata di Indonesia, masa lo orang Indonesia ga terpacu juga sih??".

Tapi... daripada menarik penonton dengan memakai bule, kenapa ga konten-nya aja yang dibuat semenarik mungkin? Soalnya jujur, dari beberapa acara jalan-jalan semacam itu, hampir semua konten-nya ngga cukup bikin orang lain tertarik (at least gw ga tertarik).

Pertama, kualitas kamera dan cameraman-nya. Gw ga ngerti sih istilah pembuatan film lalala, tapi gw selalu merasa gambar yang muncul sering terlalu pucat dan ngga jernih. Ibaratnya kayak hasil gambar kamera pocket abal-abal deh, bukan yang kualitas mulus kayak pake DSLR. Udah gitu, kadang kalo lagi nge-zoom suka kasar banget pula (udah kasar, ngga di-edit lagi sebelum tayang). Pemilihan angle-nya juga suka asal sorot aja. Ga terlalu mentingin unsur estetika. Lah padahal kalo acara jalan-jalan, apa sih menu utamanya? Pemandangan di tempat tersebut kan?

Kedua, si host-nya terlalu banyak bercanda dan ngga keliatan intelek! Dan bercandanya kata gw terlalu "script" banget. Malah terkadang host-nya terlalu sengaja membodoh-bodohi diri mereka sendiri di depan layar. Aduh, gw mau dapet informasi bermutu dari objek-objek tersebut, bukannya nontonin lawak yang sama sekali ga lucu -_- Ujung-ujungnya, acara tersebut kekurangan informasi yang menarik (plus kurang interaksi dengan masyarakat lokal). Jadinya, acara tersebut cuma kayak acara show off doang. Sayang kan, udah mahal-mahal dikirim ke mana-mana (kadang ke luar negeri) kalo cuma buat gitu doang.

Kenapa sih ga dibuat yang semenarik program di National Geographic, BBC Knowledge, atau TLC? Di mana host-nya terlihat intelek namun bersahabat sekaligus dapat membaur dengan masyarakat lokal. Mereka juga selalu dengan cukup memberikan latar belakang historis dan informasi-informasi menarik lainnya. Kalau pun ada bercanda-bercanda, jatuhnya juga bercanda natural. Mana hasil gambarnya bening banget pula. Bener-bener bisa menginspirasi dan mengedukasi penontonnya.

At least, kalo mau bikin program traveling, bikin yang minimal kayak Catatan Harian si Unyil deh. Unik dan informatif. Walau target-nya untuk anak-anak, tapi saya yang udah tante-tante aja merasa tetap terhibur dan teredukasi.



Please, TV Indonesia berhentilah membodohi masyarakat dengan sinetron ngga mutu, infotainment yang sangat tidak penting, klenik, dan lawakan ngga lucu -_-

0 komentar: