Senin, 05 Juli 2010

Cerita Masa Lalu #Part 1

Bosan mengerjakan TA.......

Oke, mari kita flash back saja ke zaman SD!



(saya memang sudah cupu sejak SD-->bangga)

Kurang-lebih sudah sembilan tahun sejak terakhir saya mengenakan rok merah. Dulu, SD saya terletak di dalam komplek perumahan di Cilegon, namanya SD IV YPWKS (ada empat SD lain yang berada di bawah yayasan warga KS, tapi paling keren memang SD saya ini --> sombong).

Saya masih ingat pertamakali saya masuk SD--tidak seperti lazimnya anak-anak lain--saya berangkat sekolah tanpa diantar ibu (latihan mandiri ceritanya). Saya berangkat berdua dengan sahabat masa kecil saya yang juga tidak diantar ibunya, Adis. Nyampai sekolah, ternyata kita salah masuk kelas. Harusnya kita berdua ditempatkan di kelas B, tapi kita asal nyelonong aja duduk di kelas A. Hehe, mendinglah nyasarnya ga parah-parah amat.

Begitulah, di SD saya punya dua sahabat dekat. Selain Adis, ada Marini. Yang lain juga deket sih, tapi memang lebih spesial dengan dua orang ini. Alasan terbesarnya mungkin karena rumah kita berada dalam satu rute. Dari rumah saya yang paling jauh, menuju rumah Adis, lalu ke rumah Marini... baru deh jalan kaki bertiga ke sekolah. Begitu selama enam tahun (mungkin ini salah satu alasan mengapa saya suka jalan kaki, udah terbiasa dari kecil toh). Dan biasanya, hari Jum'at pulang sekolah, kita menjadikan rumah Marini sebagai markas dan kita sok-sokan "ngeband" di sana (faktanya sih nyanyi2 sambil gonjreng-gonjreng botol plastik-> favorit kita waktu itu Sheila on 7 dan Sherina).

Salah satu yang paling saya kenang adalah rintangan yang harus selalu saya hadapi dalam perjalanan menuju sekolah: dua ekor makhluk carnivora berjenis anjing. Yang satu warna putih-hitam, yang satu lagi berwarna cokelat terang. Dua-duanya galak, hobi menggonggongi siapapun yang lewat, dan terindikasi mengidap rabies (dan terbukti setelah teman adik saya digigit). Dan sialnya, si pemilik anjing tersebut sering kali tidak merantai dua ekor makhluk bertaring itu. Kalaupun dirantai, rantainya juga panjang (masih bisa menjangkau ujung jalan). Sial, sial. Untung senahas-nahasnya saya, paling cuma pernah sekali sepatu saya digigit (ga nancep ke kulit tapinya). Kalau digonggongin sih udah biasa (walau saya tidak pernah terbiasa, bahkan sampai sekarang pun saya takut banget sama anjing).

Saya dan Adis terpaksa harus memilih rute yang lebih jauh kalau mau terhindar dari serangan anjing. Atau ada satu alternatif lagi: memotong jalan lewat kuburan keramat! Sampai detik ini saya masih ga tau sih itu bener-bener kuburan apa ngga, tapi memang tempatnya sangat sangat horor (sampai saya ngga berani deskripsiin di sini). Kalau kita berdua memilih jalur itu, kita pasti langsung komat-kamit ga keruan baca surat-surat Al-Qur'an.

Oh iya, kadang-kadang saya dan teman-teman juga naik sepeda ke sekolah lho. Sepeda pertama saya merk-nya wim cycle warna ungu, di iklan tv-nya anak-anak kecil bermain sepeda wim cycle dengan anjing dalmantion (mengapa harus anjing? kenapa ngga binatang yang lebih jinak aja?). Dan sore-sorenya, saya sama anak-anak komplek suka balap-balapan sepeda atau ber-sepatu roda (sepatu roda saya warnanya kuning, gaul abis). Tapi sejak kakak saya pernah jatuh sampai lututnya retak akibat sepatu roda, saya dan adik saya jadi dilarang main sepatu roda. Ganti aliran deh jadi main enggrang (dulu kakek saya yang buatin dari bambu).

Kalau untuk permainan sih standarlah. Kalo lagi di rumah, main masak-masakan, nikah-nikahan (beli cincinnya di tukang mainan), rumah-rumahan.. pokoknya segala permainan meniru orang dewasa itulah. Kalau di sekolah tentu lebih aktif lagi: petak umpet, petak jongkok, bentengan, lompat tali, engklek, kasti, pokoknya yang menguras energi deh. Heran, anak kecil memang ngga ada capeknya. Kadang saya juga main di got lho buat (sok-sokan) nangkep ikan. Pake lidi yang dililit benang. Wajar dulu saya budukan. Hahaha. Memang, ga ada noda ga belajar :)

Dan waktu SD, saya terhitung salah satu yang paling tinggi di kelas. Ternyata memang pertumbuhan saya pesatnya waktu zaman SD doang, soalnya setelah lulus SD paling cuma nambah sekitar 5-6 cm aja. Beratnya juga ga terlalu beda banget. Baju SD saya saja masih muat sampai sekarang lho. Makanya bapak saya dulu punya hobi menyuruh teman-temannya nebak saya kelas berapa kalo ketemu di kondangan (hebatnya, saya pernah dikira anak SMA waktu kelas 5 SD). Penampilan sih cupulah. Kurus, item, bau matahari. Udah gitu rambut saya kan dulu panjang bangeettt sampai sepaha. Makanya, dulu saya sering diejek-ejek kuntilanak, grandong, mak lampir lalala. Kalau dipikir, ejekan anak SD itu jahat sekali ya. Kadang suka ejek-ejekan nama orangtua pula -_-

Dan dulu, ada satu momen yang selalu saya tunggu: saat mengundi tempat duduk! Soalnya dulu saya pernah naksir teman sekelas saya dan saya selalu ngarep duduk di sebelahnya. Sayang oh disayang, paling banter saya cuma pernah kebagian tempat duduk di depannya persis (lumayan sih, setidaknya bisa ngobrol-ngobrol :p). Waktu itu, lebih dari setengah populasi cewek di kelas naksir sama cowok itu. Emang ganteng sih orangnya.. dingin-dingin gitu pula :">

Selain asik bermain, begini-begini juga saya dulu anggota paduan suara dan ansambel musik. Ngga tau deh kenapa bisa masuk tim, padahal suara saya kan sering fals... curiga dipilihnya emang random. Dan saya masih inget banget kostum paduan suara saya: Ijo muda motif polkadot putih. Plus bandana dengan warna dan motif yang sama. Manteb banget itu kostum. Tim kita ini pernah menang lomba sampai tahap kecamatan tapi terpukul di tahap kabupaten. Lumayan, karena ikut lomba-lomba begini kadang dapet privilege bolos sekolah. Hehe.

Kalau masalah pelajaran???

Seperti biasa, saya paling jago emang pelajaran yang hapal-hapalan. Paling ancur: pelajaran bahasa Sunda (dulu Cilegon masih masuk wilayah Jawa Barat, makanya masih kena pelajaran maut yang satu ini). Ga ngerti bung! Sampai detik ini udah tinggal di ranah Sunda pun tetep aja ga bisa bahasa Sunda :D

Tapi bagaimanapun, masa SD adalah masa bermain yang sangat menyenangkan, ga banyak beban... Cita-cita pun masih ingin jadi dokter atau insinyur pertanian (gara-gara baca majalah Bobo).

Duh, kangennyaaaaa......


*sekian sepotong kisah dari zaman saya masih muda*

0 komentar: