Sabtu, 01 Mei 2010

Street and Stage



Pertamakali di-briefing tentang acara World Dance Day, yang saya tangkap adalah ini merupakan suatu festival menari 24 jam yang diadakan di sepanjang jalan Slamet Riyadi, Surakarta.

Iya, kita akan menari di jalanan jam 2 dini hari. Di atas aspal bertelanjang kaki. Ada efek asap-asap dan kembang api. Terus abis kita nari, muncul Barongsai. Ya kali.

Saya pikir, semua akan berjalan dengan santai. Jadi, latihan seminggu dengan posisi badan dan hafalan yang masih kurang oke pun santailah yaa.. I don't take it too seriously. Namanya juga masih tahap belajar (dan sekalian kabur serta berlibur).

Tapi sialnya, kita (terutama saya) ditipu abis-abisan.

Kita nari bukan di jalanan. Tapi di panggung teater ISI (Institut Seni Indonesia) Surakarta. Panggung yang sama dengan panggung di video-video ISI yang menjadi referensi anak PSTK untuk belajar nari. Iya, kita menari di kandang macan lho. Jam dua dini hari. Dandannya aja jam 10 malem. Mistis.

Bukan cuma itu. Setiap kali saya mengajak kenalan penampil-penampil lainnya, mereka semua ternyata adalah penari beneran. Anak-anak jurusan seni tari dari berbagai daerah. Atau dari sanggar-sanggar tari profesional. Untuk tampil di ISI ini pun mereka sudah mempersiapkannya dengan matang. Live music, background, kekompakan, gerakan yang merupakan garapan sendiri, blah bleh bloh. Sial, salah banget saya ngajak kenalan orang-orang itu.

Rasanya pun semakin malas ketika saat giliran kami tampil si pembawa acara salah menyebut asal kami. Dan ya begitulah... Jujur, saya grogi (banget) dan banyak melakukan kesalahan. Maaf sekali PSTK-ITB. Maaf juga penontoonn :(

Oke... kalo dipikir-pikir secara pribadi sih, kapan lagi coba seorang penari cupu kayak saya dapat kesempatan nari tengah malam di panggung profesional, ditonton oleh para profesional? Pengalaman langka dan seru. Ibaratnya seperti sekali belajar menyelam langsung ketemu ikan hiu. Ya gaa? :p Tapi lain kali (walau ngga yakin ada lain kali), saya harus nari dengan lebih serius dan lebih keren biar ga malu-maluin. Hehe.

Dan Alhamdulillah, dua hari kemarin sangat sangat menyenangkaaannn. Jalan-jalan, makan makan makan, gosip sesama cewek... kabur dari segala rutinitas yang membosankan.

It's such a great escape with great friends, great food, great experiences.. Ga rugi deh pake bolos segala :p

0 komentar: