Selasa, 25 Mei 2010

Naksir Berat

Belakangan ini, saya jadi lumayan tertarik dengan dunia fotografi. Kalau lagi jalan-jalan, kurang lengkap rasanya kalau nggak motret-motret terus hasilnya dipamerin via facebook atau blog. Hehe.

Kepengen sih saya punya DSLR; hasil jepretannya jernih dan tajem banget! Tapi sayang harganya juga mahal.. Buat saya yang nggak jago ngatur keuangan ini, susah rasanya kalau sekarang saya menabung untuk DSLR. Maklum, lebih suka makan daripada nabung :p Jadi, saya belinya nanti-nanti aja deh. Kalo udah punya penghasilan sendiri dan bisa nabung dengan lebih baik (wajib!--> menabung itu kelemahan saya banget, padahal saya ga doyan belanja lho selain belanja makanan dan buku).

Dan sekarang, saya lagi suka banget sama toy camera semacam Lomo, Superheadz, Octopus, Mr. Macro de el el. Terutama sih, saya lagi naksir berat sama kamera eximus:


Keliatan banget memang seperti kamera mainan. Ringkih, udah gitu masih pake roll film pula. Zaman sekarang di mana tinggal colok memory card atau kabel data kalau mau mindahin foto, ini masih pake sistem cuci-cetak. Jadi inget kamera jadul punya bapak saya yang waktu SD-SMP dulu sering saya pinjam tiap ada acara di sekolah. Entah study tour, pentas seni, atau perpisahan. Kalau udah abis filmnya, saya harus ke toko fuji film untuk nyetak (setengah jam jadi kalau lagi sepi). Dipikir-pikir, digitalisasi bikin kita lebih menghemat waktu yaa.

Back to the eximus topic. Overall, this camera looks cute right? Saya suka sekali warna putih dengan aksen birunya.

Tentang masalah keribetan dengan kamera analog.. mungkin di situ pula letak seninya. Bayangin, kita ngga tau hasil jepretan kita sampai fotonya dicetak. Ibaratnya, saat mencetak foto adalah saat kita membuka kotak kejutan. Soalnya waktu kita menjepret objek, kita ga bisa nebak-nebak apakah hasilnya bagus atau malah gagal. Anggap saja itu sisi yang cukup romantis dari kamera tipe ini :)

Dan by the way, hasil gambar toycam ini... wah, ga nahan deh! Tadi saya banyak googling dan tumblring nyari foto-foto jepretan eximus, dan hasil warnanya bisa dibilang "tipe saya banget". Kayak lukisan deh. Nih beberapa gambar hasil jepretan toycam ini:



taken from here

taken from here

taken from here

Keren kaaan? Yah, memang sih sekarang ada fitur komputer yang bernama photoshop. Dengan kamera digital juga bisa dibuat efek warna seperti gambar-gambar di atas. Tapiiii... rasanya lebih seneng kan kalau hasilnya alami :D

Dan by the way, rentang harga kamera eximus ini sekitar 400-450 ribu. Cukup terjangkau sebenarnya.... yah, entahlah. Kalau dipikir, bagaimanapun lebih praktis membeli pocket digital kamera biasa kan?

*mikir, mikir, mikir*

0 komentar: