Rabu, 24 Februari 2010

Kejadian Pintar #1

Ini adalah suatu kejadian cerdas yang terjadi saat gw magang di Telkom (kantor gw di lantai 7 lho.. pemandangannya bagus dari lantai ini)

Alkisah, di suatu siang yang sepoi-sepoi, gw menemukan bahwa akhirnya gw bisa chatting lewat google talk yang dibuka lewat gmail (dan koneksi gtalk baru nyambung kalo dibuka di explorer, pake mozilla lambat banget).

Lalu, tiba-tiba ada seseorang bernick xsatya (nama disamarkan) muncul di list friend gtalk gw.

Berhubung tadi pagi, seorang fans gw yang bernama Gracia Satya bilang nanti siang mau curchat (curhat via chatting messenger), otomatis gw langsung mengira seseorang itu adalah Gracia Satya.

Dengan PD-nya gw sapa dong dengan gaya flamboyan gw : "Hai cantik!"

Sekian menit berlalu, kok si Grace ga bales-bales yaaa...

(Berpikiran positif bahwa mungkin saja koneksi internet di tempat Grace lelet)

Lalu gw lihat profile picture-nya.. kok ya gambarnya foto cowok hitam-putih gitu yaa?

Sekian detik kemudian gw baru sadar...

xsatya itu kan pengawas gw di TELKOM!! (dan saat kejadian berlangsung, bapak pengawas gw itu sedang duduk tepat di sebrang meja gw.. face to face langsung dengan gw si tersangka penyalahgunaan fasilitas internet di kantor!)

Dengan rasa malu yang tak terukur dalamnya, akhirnya gw kirim message lagi ke bapak xsatya dan bilang "maaf pak salah kirim" lalu dengan wajah polos nan lugu andalan, gw bersikap seakan tidak terjadi apa-apa...


... yah ketauan deh gw chattingan pas jam kerja, mana "hai cantik" pula.. maaf ya pak :'(

Selasa, 23 Februari 2010

My Favorite Stuff #1 : Ringo

Oke, sebenernya gw baru memutuskan dua menit yang lalu bahwa namanya adalah Ringo.
Kenapa namanya itu?
Tidak lain dan tidak bukan adalah karena Ringo merupakan sebuah gadget keluaran Apple (ringo itu apel dalam bahasa jepang).
Oh tentu saja Ringo bukanlah iPhone secara gw ga punya duit buat ngebeli hand phone mahal itu. Bukan pula Macbook, apalagi iPad.
Ringo yang gw maksud adalah iPod nano 2 GB keluaran tahun 2005 yang dibelikan ortu gw pas kelas 2 SMA. Desainnya yang langsing tipis serta kualitas suara yang tajam adalah keunggulan utama dari iPod ini. Apalagi warnanya yang hitam metalik sungguh elegan. Dan yang paling penting, untuk jenis orang destroyer macam gw, Ringo adalah satu-satunya gadget milik gw yang awet selama lima tahun ini lho (selamat buat gw!).
Jadi inget, pas pertamakali ngebelinya pun Ringo sudah tertimpa musibah. Waktu itu gw menitipkan Ringo di counter penitipan Gramedia sementara gw ongkang-ongkang kaki nyari komik. Terus, dengan pintarnya gw lupa begitu saja dan melenggang pulang ke rumah... masalahnya, Gramedia-nya di Tangerang dan rumah gw di Cilegon! (mana gw ingetnya pas udah nyampe rumah pula).
Yah untungnya ada tante gw yang tinggal di Tangerang dan bisa dititipin untuk ngambil Ringo (makasih tante). Akhirnya kami dipersatukan kembali deh :">

Meski sekarang Ringo udah compang-camping dan cacat di mana-mana, tapi Ringo masih setia mengabdi (bahkan earphone aslinya udah menghilang dan chargernya telah RIP sejak tiga tahun yang lalu). Sekarang tiap hari Ringo gw bawa ke kantor lho buat nemenin magang (dan berguna banget untuk jadi flash disk dadakan) :)

I love you, Ringo (heart)

(gambar akan disertakan nanti)

Sambel Hejo



Rumah Makan Sari Rasa alias Sambel Hejo yang terletak di Jalan Natuna no.29 (bisa masuk dari jalan kecil di samping toko es krim Brussels Spring) adalah salah satu tempat makan favorit gw dan temen-temen di Bandung. Selain harganya yang cukup terjangkau, makanannya pun enak-enak. Tempatnya juga cukup luas dan bersih.

Bentuk penyajian makanan di restoran ini sama seperti di restoran-restoran Padang, di mana berbagai menu makanan langsung disajikan di atas meja dan kita tinggal memilih mau makan yang mana. Khas restoran Sunda, tersedia lalap gratis dan tentu saja sambel hejo yang rasanya tidak terlalu pedas (cocok untuk gw yg ga gitu suka pedes). Sementara untuk makanan dan minuman di daftar menu yang tidak disajikan ke meja, bisa langsung kita pesan ke pelayannya.

Kalo menu favorit, gw paling suka sama menu cimplung, ayam goreng kampung, dan tahu goreng. Enaknya mangstab gan! Cimplung sendiri sebenarnya adalah semacam perkedel kentang yang dicampur dengan aci sehingga teksturnya agak kenyal dan lengket. Tapi jangan salah, rasanya nagih! Apalagi kalo udah dicocol ke sambel hejo.. nyemnyem. Sementara ayam gorengnya juga gurih dan lezat, tapi sayang aja ukurannya terlalu kecil (karena ayam kampung) sehingga kalo makan satu rasanya ga cukup. Dan tahu gorengnya juga enak dan lembut berasa meleleh di lidah.

Berikut adalah daftar sebagian menu dan harganya yang gw ambil dari visitbandung.multiply.com:

Harga :
Nasi Rp. 2.500
Ayam Rp. 5.500
Cimplung ( Perkedel Kentang ) Rp. 1.500
Perkedel Jagung Rp. 3.000
Pepes Tahu/ Teri / Jamur Rp 3.000
Karedok Rp. 6.000
Sayur Asem Rp. 6.000
Sup Buntut Rp. 20.000
Babat / Usus Rp. 6.500
Gepuk Rp. 8.000
Tahu / Tempe Rp. 1000
Es Jeruk Rp. 7.000

Come and enjoy :D

Senin, 22 Februari 2010

Lavender



Entah komik apa yang gw baca zaman SD dulu, tapi lavender (terutama padang bunga lavender) memiliki sisi emosional sendiri buat gw.

Berhubung gw adalah orang yang romantis, tadi gw sampe searching bahasa bunga-nya lavender. Nah ternyata arti bunga ini adalah:

Lavender : devotion, distrust

Bunga lavender rupanya melambangkan pengabdian serta kecurigaan. Ibarat seorang istri yang curiga kalau suaminya berselingkuh tapi tetap dengan setia memasakan makanan setiap hari untuk suaminya itu :">

Searching singkat tadi juga membawa gw ke wilayah Provence, Prancis yang menjadikan padang bunga lavender ini sebagai objek wisata yang menarik turis. Selain itu ada juga Furano Flower Fields di Jepang yang juga memiliki padang lavender yang sangat cantik :)

Oh dan tak lupa, lavender sangat berkhasiat untuk mengusir nyamuk...

Talking about FU-TU-RE

Kalo yang dimaksud dengan future adalah dunia sehabis lulus kuliah... well, berarti masa depan bagaikan gajah di pelupuk mata gw.
Beberapa bulan lagi usia gw akan sama dengan nama jaringan bioskop Indonesia. Dan beberapa bulan setelah gw ber-ulangtahun, (Insya Allah) gw akan resmi menyandang title S.Mn alias Sarjana Manajemen.

Time goes too fast.. Kayaknya baru kemarin deh gw pake seragam putih abu-abu berbaris di Sabuga, eh tau-tau sebentar lagi gw akan kembali ke Sabuga pake toga (Amin!).

Dan ya, mau ga mau gw udah harus serius mikirin mau kemana gw ke depannya. Ga mungkin kan gw ongkang-ongkang kaki tergantung mulu sama orangtua, ada juga gw yang harus mulai ngasih setoran ke mereka (jadi inget waktu kecil gw pernah janji ngebeliin ferrari buat ortu gw, bisa kagak ya? -_-). At least, gw harus bisa ngehidupin diri gw sendiri dulu deh, ga dikit-dikit nodong ortu.

Jadilah gw membuat beberapa rencana pasca kelulusan:

1. Ambil gelar master di bidang risk management
Inilah keinginan gw nomor satu: langsung ngambil S2 setelah lulus S1 dan bergelar master sebelum usia 25 tahun. Dan gw pengennya S2 di Eropa atau Australia. Bodohnya, gw ingin kuliah di luar lebih karena faktor kepengen jalan-jalan dan melihat bahwa bumi itu memang luas. Merasakan sensasi berada di sebuah jalan di tengah kota dan kanan-kiri gw adalah orang-orang dengan fenotip yang jauh berbeda sama gw yang eksotis ini. Baru deh berikutnya karena konon sistem pendidikan di sana lebih baik daripada di Indonesia (eh ini sih fakta ya). Dan tentu saja, bidang yang ingin gw ambil adalah risk management. Gw pengen expert di bidang ini soalnya :)
Akan tetapi, kalo gw mau ambil program master, gw harus nyari beasiswa. Tau sendiri kan gimana mahalnya hidup di negara maju.. tuition fee bla bla bla itu pasti mahal sekali, belom lagi biaya hidup yang juga mencekik -_-

2. Langsung Kerja
Konon di SBM ada suatu divisi bernama "Career Service" yang dapat membantu para lulusannya untuk mendapatkan pekerjaan. Jadi, nanti CV kita dikumpulin lalu SBM-lah yang akan menyebarnya ke perusahaan-perusahaan. Well, kalo gw langsung kerja, gw pengen kerja di perusahaan konsultasi macam Ernst & Young (gara-gara kuliah Business Risk and Venture Capital waktu itu) atau perusahaan-perusahaan lain yang tampak menarik. Gw ingin bekerja sesuai minat supaya kerjanya nanti dengan hati (ceile).
Dan yang jelas, gw pengen gaji gw cukup untuk membiayai kehidupan gw dan 10 kucing peliharaan gw. Plus, gw pengen nabung ngebiayain ortu gw pelesiran kemana pun mereka mau.

3. Backpacking
Ini impian gw dari dulu: backpacking ke pantai dengan air warna biru kehijauan dan pasir putih yang selembut bedak bayi. Dan di Indonesia banyak tempat seperti itu. Dari yang gw googling so far sih, gw pengen ke Karimun Jawa, Lombok, Pulau Sempu, dan Pulau Moyo. Pantai-pantainya keren banget deh (liat dari foto-fotonya). Berasa kayak film The Beach-nya Leonardo DiCaprio yang surgawi itu. Ngiler-ngiler liat foto-fotonya. Sekalian gw juga pengeennn banget nyoba diving atau snorkeling bersama ikan-ikan eksotis dan terumbu karang yang cantik. Someday gw pengen nulis tentang pulau-pulau ini ah di blog :D
Selain pantai, gw juga suka gedung-gedung tua di tengah kota. Jadi, gw juga pengen jalan ke Eropa yang sohor karena kehebatan mereka dalam merawat gedung-gedung berusia ratusan tahun.

4. Entrepreneur
Sebagai anak sekolah bisnis dan manajemen, tentu saja lingkungan sekitar gw turut membentuk pola pikir gw. Enakan punya usaha sendiri daripada jadi kuli di perusahaan orang. Dan ya, gw bertekad suatu saat nanti gw akan membuka usaha sendiri dan mempekerjakan banyak orang sehingga menaikan taraf hidup mereka. Cuek-cuek gini gw pengen berguna untuk orang lain dan untuk negara gw juga.
Sekarang gw belom kepikiran sih mau buka usaha jenis apa, tapi kemungkinan ga jauh-jauh dari hal-hal yang gw sukai. Sekali lagi, gw ingin bekerja dengan hati :) Mungkin restoran, penerbitan, bookstore... atau semuanya sekaligus :p

5. Berkeluarga
Hmm.. suatu saat ini pasti akan jadi pertanyaan di tengah keluarga. Tapi, sekarang gw lagi ga kepikiran (dan ga mau kepikiran) tentang jatuh cinta, pernikahan, anak-anak, bla bla bla itu. Yah bohong kalo gw bilang gw ga pengen punya calon dari sekarang, tapi buat apa kalo jatuhnya cuma untuk terlibat dalam hubungan sesaat doang? Gw pengen serius dan berhubung gw pengen nikah di atas usia 25.. yah, santai aja deh. Bokap malah nyuruhnya gw nikah umur 27.
Gw percaya aja kata Al-Qur'an bahwa "wanita baik untuk pria yang baik". Gw ga tau patokan baiknya seperti apa dan gw juga tau bahwa gw ini cewek yang bergelimang dosa.. tapi gw cuma bisa belajar dari segala kesalahan gw, berusaha untuk jadi wanita baik, dan menyerahkan urusan jodoh pada Allah SWT. Semoga diberikan jodoh yang paling baik di waktu yang paling tepat :)

Oke, sekian tulisan mengenai rencana masa depan gw~

Minggu, 21 Februari 2010

The Naked Traveller series


Well, salah satu jenis buku favorit gw adalah buku tentang petualangan jalan-jalan. Apa boleh buat, karena keterbatasan dana, saat ini gw cuma bisa jalan-jalan lewat pengalaman orang lain yang dituliskan dalam buku.
Dan salah satu buku jalan-jalan terbitan Indonesia yang paling menarik adalah *jreng jreng* tak lain dan tak bukan bisa Anda lihat sendiri di gambar di samping ini.
The Naked Traveller adalah sebuah buku nonfiksi yang ditulis berdasarkan sebuah blog milik seorang cewek cuek dan cool (menurut sudut pandang gw) bernama pena Trinity (setelah gw searching, baru tau kalo nama asli dia Perucha Hutagaol).
Kekuatan utama buku ini terletak gaya bercerita Trinity yang ceplas-ceplos serta petualangan-petualangan dia yang memang ga biasa. Hello~ berapa sih jumlah orang Indonesia yang berminat berenang di Pantai Nudist tanpa sehelai benang pun? Atau jalan-jalan di negara-negara unknown seperti Republik Palau?
Seperti yang ia jelaskan di bukunya, Trinity yang dulunya berprofesi sebagai 'mbak-mbak kantoran' ini memang hobi backpacking ke tempat-tempat yang belum terkenal tapi memiliki potensi pariwisata luar biasa. Memang sih, tempat-tempat yang belum komersial kebanyakan masih terjaga keindahan alaminya, seperti yang ia ceritakan di beberapa chapter buku ini.
Oh, dan Trinity juga banyak menceritakan pengalamannya dengan olahraga extreme, seperti bungee jumping dari gedung sekian ratus meter atau menyelam bersama ikan hiu raksasa. Tak lupa, terdapat tips-tips berharga untuk orang-orang culun macam gw yang belum pernah melaksanakan niat backpacking-nya dengan serius :p
Gw juga sangat menyukai selera humor Trinity yang sangat tampak pada petualangan-petualangannya. Dan jangan tanya betapa gw mengagumi kecuekannya (FYI, dalam volume 2 The Naked Traveller, Trinity secara terus terang mengaku bahwa ia adalah wanita gendut bersemangat yang ga peduli terhadap pandangan orang).

I'm not going to tell you the stories, it's better to read it yourself.. yang jelas gw ngakak-ngakak tiap ngebaca kisah-kisah Trinity ini :D

yeah, I'm college student

Oke, jadi sekarang gw mau menceritakan kehidupan gw sebagai mahasiswi lugu di salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia, sebut saja namanya Institut Teknologi Bandung (ITB).

Jadi di ITB ini, gw kuliah di Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) dengan major resmi Finance. Dan selama tiga tahun ini gw terdampar di Tutorial 3 C yang terkenal karena alien-alien planet pendidikannya. Tapi Alhamdulillah gw sangat senang berada di tutor ini karena anak-anaknya lawak semua (walau gw suka dibully-bully, huhu) dan seruuu abis. Tiap jalan sama mereka, kayaknya perut gw sakit terus karena kebanyakan ketawa akibat lawakan ekstrim mereka. Dan di SBM ini gw banyak belajar tentang "luasnya kehidupan manusia" (ini dalem banget lho maknanya).

Di sini gw juga ikut himpunan KMSBM yang saat ini masih berjuang membangun landasan yang kokoh untuk ke depannya (dan bulan depan gw lengser sebagai sekretaris). Gw berdoa semoga nantinya, himpunan kita semakin kuat dan keren! (oh iya, jaket himpunan gw keren juga lho!).

Well, kalo boleh jujur, di ITB sendiri image SBM agak-agak negatif sih berhubung bayarannya yang cukup mahal (buat ukuran gw sih mahal ya). Dikiranya anak-anak SBM sombong-sombong dan sok ekslusif semua, padahal ya belum tentu begitu. Jangan segampang itu menjudge sesuatu kalo belum tau yang sebenar-benarnya. Abis kebanyakan yg ngomong negatif tentang SBM adalah orang-orang yang ga tau apa-apa, punya temen di SBM pun tidak. Cuma denger cerita, terus langsung percaya aja. Sama aja kayak lo percaya sama infotainment yang suka lebay.

Banyak temen gw yang ikut organisasi-organisasi lain di luar SBM. Dan gw sendiri juga aktif ikut unit kebudayaan paling hip se-ITB, yakni Perkumpulan Seni Tari dan Karawitan Jawa. Belom pernah kan lo semua ngeliat orang main karawitan sambil akrobat kayak di sirkus? Well, gw juga belom pernah liat tentu saja.

Di PSTK saat ini gw menjabat sebagai koordinator divisi kekeluargaan (btw 2 minggu lagi gw lengser.. ya ini tahun serba-lengser gw). Dan walau sudah dua tahun lebih terlibat dalam unit ini, kemampuan bahasa Jawa gw masih tahap culun. Tapi tentu saja berkat pesona gw, gw tetap bisa bergaul dengan baik di antara teman-teman PSTK. Bahkan sekre PSTK di Aula Timur udah berasa kediaman kedua selain kosan dan anak-anaknya udah gw anggap sebagai saudara sendiri yang gw sayangi.

Tapi berhubung gw udah tingkat akhir, frekuensi gw ke sekre semakin berkurang. Sekarang pikiran gw mostly lebih ke arah magang, tugas akhir, dan perakademikan lainnya. Cukup menekan.

Jadi semester ini gw magang di Telkom, besok memasuki minggu kelima. Gw masuk di direktorat Compliance and Risk Management, tepatnya di bagian Risk Assessment. Menarik sih, secara gw sangat berminat dengan bidang ilmu risk management (di Indonesia masih jarang lho). Mentor dan pengawas gw juga baik dan sangat membantu gw dalam membuat tugas akhir.

Btw, untuk sementara tugas akhir gw berjudul "Analyzing Disaster Risks in PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk". Keren kan? Keren dong!

Tapi tugas-tugas magangnya itu lhoo.. menekan. Di akhir semester ini anak-anak magang diwajibkan membuat sekitar 180 halaman laporan. Heuuu... Yasudahlah yaa, semoga saya bisa mengerjakannya dengan baik. 9 SKS gitu.. like die aja kalo dapet nilai jelek.

Oke, sekian dulu.. pegel kali tangan aku mengetik blog ini (dan perut laper membuat pikiran saya jadi siwer).

Newly Blog

Oke, jadi gw telah merombak ulang blog ini. Semua post sebelumnya telah gw hilangkan dari dunia maya nan fana. Kenapa? Ya jelas suka-suka gw dong -__-

Seperti biasa blog ini akan berisi petualangan-petualangan gw. Berenang bersama piranha di Sungai Amazon, menggelinding dari Mount Everest, adu panco dengan Brad Pitt... ya kaliii...

Yah, that's it.. gw ga nemu kalimat bagus lagi untuk introduction ini :)